Perjalanan Spiritual Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur

Sosialisasikan Budaya Pesantren. Setelah memuaskan para santri dan fansnya di Cirebon, Iwan Fals kembali menghibur ribuan santri dari Pesantren Sirnamiskin dan kelompok pengemarnya yang tergabung dalam Orang Indonesia (OI) pada acara "Djarum Coklat Perjalanan Spiritual Iwan Fals bersama Ki Ageng Anjur ke Pesantren" di Cirangrang Kopo Bandung, Kamis (5/8).


Pertunjukan musik yang dikemas dengan konsep pengajian budaya ini tampil berbeda dari tur musik yang pernah ada. Iwan fals sendiri tampil lain dari biasanya.

Ia mengawali penampilannya dengan melantunkan lagu "Siang Sebrang Istana", disusul dengan "Oemar Bakrie". Iwan yang tampil diiringi kelompok musik Ki Ageng Ganjur nyanyikan lagu-lagu andalannya dengan aransemen berbeda dan bernuansa religius. Al Zastrouw yang mendampinginya juga banyak mengutip hadis dan ayat Alquran, disesuaikan dengan syair lagu yang dinyanyikan. Lalu disambung dengan tembang "Tanam Siram Tanam", "Nak", "Bento", dan "Ibu".

Dijelaskan Al Zastrouw Ngatawi selaku penggagas acara, ada beberapa misi dari digelarnya pengajian budaya ini. Salah satunya sosialisasi budaya pesantren, yang masih memiliki khazanah budaya cukup tinggi. "Lewat acara ini pula kita ingin melakukan dakwah islamiah lewat pengajian budaya dengan menampilkan pertunjukan musik. Selain itu lewat acara ini kita juga ingin menunjukkan seni religi yang saat ini anak yatim, tidak selalu identik dengan rebana. Itu dibuktikan dengan syair lagu Iwan Fals yang sebenarnya sarat muatan moral. Bukan cuma itu, ini juga ditujukan untuk mengikis anggapan pesantren sebagai sarang teroris," ujarnya kepada wartawan.

Sementara Erik Riksa selaku Team Leader (TL) District Services Office (DSO) Djarum Bandung Kota mengatakan, even yang diselenggarakan menjelang bulan Ramadan ini digelar atas prakarsa Iwan Fals dan didukung penuh oleh Djarum. "Tujuannya Iwan Fals ingin mengajak OI agar lebih religius. Diselenggarakan karena momennya juga sangat tepat," ujar Erik didampingi Agus Danny selaku TL DSO Djarum Bandung Kota.

Setelah Bandung, Djarum Coklat Perjalanan Spiritual Iwan Fals dengan Ki Ageng Ganjur ke Pesantren ini juga akan diselenggarakan di Pontren Cipasung Tasikmalaya. (sumber:http://www.klik-galamedia.com)