Konser Iwan Fals bersama Ki Ganjur di Gresik

Konser Iwan Fals bersama Ki Ganjur di Gresik - Penyanyi Iwan Fals mampu menghipnotis ribuan penggemarnya saat menggelar Konser Perjalanan Religi bersama Ki Ganjur di Alun-alun Sidayu, Kabupaten Gresik, Rabu (13/10) malam. Konser tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan mantan Bupati Gresik KH Robbach Ma'sum dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim.

Konser Iwan Fals bersama Ki Ganjur di Gresik

Sebelum Iwan Fals tampil, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf  mengajak mantan Bupati Robbach Ma'sum dan Wakil Bupati M Qosim melantunkan shalawat bersama-sama. "Saya merespons upaya Iwan Fals kembali mengembangkan seni melalui pesantren, apalagi selain tampil di panggung, Iwan juga menyempatkan menanam pohon di Wonokerto Kecamatan Dukun, tepatnya di Pesantren Bumi Aswaja," katanya.

Tampaknya penonton sudah tak sabar berjingkrak mengikuti alunan suara emas Iwan. Buktinya, saat Ki Ganjur menyebut Iwan Fals tampil dengan lagunya Suara Tugu Pancoran, ribuan penonton langsung bersorak, bahkan penonton pun mengikuti alunan yang dinyanyikan Iwan Fals per bait. "Selamat malam Gresik. Jumpa lagi dengan kami," katanya, menyapa.

Iwan langsung melantunkan tembang berjudul "Kota". Penonton semakin larut tatkala Iwan menyanyikan lagu "Nyanyian Jiwa" yang diikuti oleh ribuan penonton dengan tangan diangkat ke atas, sembari bersama-sama mengikuti alunan lagu Iwan.

Sayangnya saat ribuan penonton asyik menikmati lagu penyanyi legendaris dari atas panggung, konser religi itu dikotori keributan belasan penonton. Namun, Ki Ganjur mampu meredam dengan mengajak Iwan bershalawat. Iwan pun melanjutkan melantunkan lagu Tanam Pohon Tanam, Dendam dan Engkau Tetap Sahabatku sebagai lagu penutup.

Sebelum tampil, Iwan Fals bersama Ki Ganjur alias Sastro Al Ngatawi melakoni perjalanan spiritual, dakwah, dan musik religi ke sejumlah Pondok pesantren (Ponpes) di Tanah Air. Salah satunya ke Ponpes Bumi Aswaja pimpinan Ustadz Irsyadul Ibad di Desa Wonokerto Kecamatan Dukun.