Iwan Fals Garap Lagu Film ‘Mursala’

Iwan Fals, Iwan Fals Garap Lagu Film ‘Mursala’ - Penyanyi legendaris Indonesia Iwan Fals dan istri Rosanna atau yang akrab disapa Yos menerima ulos. Iwan menerima kain tenun khas Batak itu sebagai bentuk penghormatan atas karyanya menciptakan sekaligus menyanyikan soundtrack film Mursala. 

Ulos itu diberikan tokoh nasional asal Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara (Sumut) Akbar Tanjung yang didampingi Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang, dan produser sekaligus pemeran film itu, Ria Anna L Sinaga saat Gala Premiere Film Mursala di Lounge Plaza Senayan Jakarta, baru-baru ini. 

Iwan tampak terharu dan bangga menerima ulos kehormatan tersebut. Dia mengaku membutuhkan ketenangan khusus saat menciptakan lagu Mursala. Musiknya sendiri banyak dibantu oleh musisi ternama  Iwang Noorsaid. 

“Ini sangat berat, panjang pergulatannya. Saya hanya baca skrip-nya, dan belum pernah ke sana (Pulau Mursala). Akhirnya saya terlibat dalam film ini. Saya banyak dibantu oleh Mas Iwang Noorsaid,” tukas Iwan. 

Terkait itu, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang mengundang Iwan Fals ke Tapteng. “Kita bisa lihat langsung pulau dan air terjun Mursala. Saya berharap akan ada karya Mas Iwan yang lainnya lagi setelah berkunjung langsung ke Tapteng,” pinta Bonaran.                        

Film produksi Raj's Production besutan sutradara Viva Westi itu mengangkat cerita budaya Batak Toba tentang cinta terlarang sepasang anak manusia karena terkendala adat Batak yang tidak mengizinkan perkawinan satu rumpun marga Parna. 

Sebagian besar syuting film mengambil lokasi di Tapteng. Menonjolkan pesona alam pantai dan lautnya. Sedangkan judul Mursala diambil dari nama sebuah pulau di Tapteng, Pulau Mursala atau Mansalar. Air terjun itu memiliki keunikan, di mana airnya yang tawar langsung jatuh ke laut. 

Menurut Bonaran, film ini menjadi salah satu media memperkenalkan daerah berjuluk “Negeri Wisata Sejuta Pesona” itu ke penjuru dunia. Tapteng memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, bahkan di negara lain. 

“Tapteng punya 24 air terjun. Salah satunya, air terjun Mursala yang unik. Air terjun itu berada di sebuah pulau (Pulau Mursala), di mana airnya yang tawar langsung jatuh ke laut. Fenomena alam itu juga menjadikan terumbu karang di sekitar jatuhan airnya memiliki keunikan tersendiri,” kata Bonaran. 

Ia juga memamerkan situs sejarah masuknya ajaran Islam, Kristen, dan Sholin ke Indonesia. Yaitu melalui Kota Tua Barus, di kecamatan Barus, Tapteng. “Itu ditandai adanya makam kuno penyebar agama Islam, makam Mahligai, dan Papan Tinggi. Masih banyak lagi,” ujarnya. 

Menneg BUMN Dahlan Iskan dan Menakertrans Muhaimin Iskandar hadir dalam acara itu. Hadir juga Anggota DPR Ruhut Sitompul, anggota DPD Rahmad Syah, tokoh marga Parna Bungaran Saragih dan Jhonny Buyung Saragi, serta sejumlah tokoh Batak lainnya, dan jajaran pejabat Pemkab Tapteng, dan sejumlah warga Tapteng. Hadir juga para artis pemeran film itu.