Sudah 34 Tahun Iwan Fals Berkarir Sebagai Penyanyi

Iwan Fals penyanyi yang melegenda dan sudah sekitar 34 tahun berkarir sebagai penyanyi, Virgiawan Listanto atau lebih dikenal dengan nama Iwan Fals mengaku tak pernah terpikir untuk pensiun dari dunia yang membesarkan namanya tersebut.


Menurut penyanyi yang terkenal lewat lagu Bento itu, bertambahnya umur tak membuat dirinya berhenti untuk berkarya. Ia pun meniru beberapa penyanyi legendaris lain yang semakin tua semakin mampu menghasilkan karya-karya terbaiknya.

"Saya percaya bahwa musik smakin tua smakin bagus, kaya Rolingstone, Titiek Puspa, dulu mbah Gesang. Saya percaya itu, karena urusan rasa. Beda sama atlet mungkin umur 35 tahun udah turun karna memerlukan fisik. Kalau penyanyi nggak. Saya ga pernah kepikiran tuh pensiun," ungkap Iwan saat ditemui di kediamannya Desa Lewinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu (10/8) malam.

Sekitar 34 tahun terjun di industri musik Indonesia, Iwan telah menelurkan tak kurang dari 35 album, belum lagi beberapa single yang ia ciptakan. Tak hanya itu, berbagai penghargaan musik juga telah ia raih. Meskipun begitu, Iwan masih ingin terus berkarya. Menurutnya, ia punya tanggung jawab secara rohani untuk terus mencipta lagu.

"Secara rohani saya harus bikin lagu trus," pungkasnya.